Sabtu, 19 Juni 2010

Tubuh Kristus

Sermon SEKSI AMA HKBP Bandung Riau
Kamis, 23 07 2009

“Peran anggota Tubuh Kristus”
1 Korintus 12 : 13 - 20 (PHD Ama)
Pada bagian awal nats ini, Paulus menerangkan bahwa tanpa memandang latar belakang suku, ras, status sosial, pendidikan dan ekonomi, orang percaya dibaptis oleh Roh menjadi satu tubuh dan meminum dari satu Roh. Melalui keanekaragaman ini pula, Paulus ingin menekankan bahwa jemaat Kristus di Korintus merupakan satu kesatuan yang dapat digambarkan seperti tubuh manusia.
Tubuh manusia terdiri dari bagian atau anggota yang unik, khas, serta berbeda bentuk juga fungsinya. “Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya”(ay 18).
Peranan dan fungsi masing-masing anggota tubuh itu, baru bisa dirasakan apabila ditempatkan dalam kesatuan tubuh. Di luar kesatuan tubuh, masing-masing anggota tidak bisa berfungsi dan berperan sebagaimana mereka dibentuk. Kesatuan tubuh itu sedemikian utuhnya sehingga ketika salah satu anggota tubuh sakit maka bagian tubuh yang lainpun dapat merasa kesakitan sehingga aktifitas tubuhpun dapat terganggu.
Seperti halnya tubuh manusia yang terdiri dari banyak anggota, gereja yang dipandang sebagai Tubuh Kristus juga seharusnya menjadi suatu kesatuan dalam keanekaragaman. Banyak manifestasi / perwujudan kemuliaan karya Allah yang ingin Ia kerjakan melalui peran dan fungsi anggota gereja.
Kita sebagai anggota gereja mempunyai tempat, peran dan fungsi khusus di dalam Tubuh Kristus. Kita harus mendukung dan menghargai siapa saja yang sedang melakukan fungsinya. Jangan kita perdebatkan apa yang Tuhan berikan untuk pembangunan jemaatNya, namun syukurilah dan berkontribusilah.
Marilah kita memanfaatkan karunia yang kita miliki yang telah dianugerahkan Tuhan untuk melayani Dia dalam kerjasama yang baik.
Renungan : Apakah kita menyadari bahwa kita adalah anggota yang ditempatkan dalam Tubuh Kristus dan mempunyai peran dan fungsi unik sesuai dengan kehendak Tuhan?

HDI Sipahutar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar